288 Santri Baru Ikuti Kegiatan Super Camp

 2019-01-05 22:44


288 Santri Baru Ikuti Kegiatan Super Camp

Pondok Ngabar – Koordinator Gerakan Pramuka Gugus Depan 04079 Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar mengadakan kegiatan Super Camp. Kegiatan ini merupakan kemah perdana bagi santri kelas 1 dan 1 intensive yang diselenggarakan selama 2 hari (3-4/1). Sebanyak 288 santri terlihat antusias mengikuti berbagai aktivitas dalam kegiatan ini.

Aktivitas Super Camp diawali dengan mendirikan tenda oleh adika-adika peserta di lapangan hijau Ngabar. Seluruh peserta berkoordinasi dan bekerjasama dengan regu, mulai dari membangun tenda, api unggun, menyelesaikan kegiatan penjelajahan dan perlombaan tiap regu. Berbagai macam ketrampilan yang telah dibekali mereka manfaatkan, seperti teknik tali-temali untuk membuat tandu, mengikat tenda agar kokoh, dan lain sebagainya. Mereka akan berlatih untuk terampil mengoptimalkan peralatan yang ada dalam membuat sesuatu. Mereka akan belajar bernegosiasi meredakan egonya demi kepentingan bersama.

Kegiatan menarik lainnya adalah api unggun. Api unggun mampu menimbulkan rasa kebersamaan dan kehangatan di antara peserta perkemahan. Menikmati api unggun dalam kebersamaan membuat peserta timbul rasa menghargai alam. Acara tidak terhenti hanya menyalakan api unggun saja, namun beberapa peserta menunjukkan kebolehannya seperti bernyanyi bersama, games, dance, dan renungan malam.

Super Camp dengan segala aktivitasnya, sebagai media pendidikan karakter. Belajar kerja sama, tanggung jawab, keberanian, kepemimpinan, kemandirian, kedisiplinan, ketrampilan, kepedulian, dan cinta alam. (Sazali)