Pemilihan Pengurus Rayon, Pendidikan Dalam Memilih Pemimpin

 2018-12-25 17:14


Pemilihan Pengurus Rayon, Pendidikan Dalam Memilih Pemimpin

Pondok Ngabar - Keorganisasian merupakan salah satu pendidikan yang ada di Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar. Tidak heran, ketika santri duduk dikelas 5 mereka di amanahkan menjadi pengurus rayon. Guna menunjang aktivitas keorganisasian di rayon atau asrama, maka pada Selasa (4/12/18) malam diselenggarakan pemilihan ketua rayon dan jajarannya. Kegiatan ini dilaksanakan didepan rayon masing-masing bersama seluruh anggota rayon didampingi oleh ustadz pembimbing dari Majelis Pembimbing Santri.


Sebelum diadakannya pemilihan, masing-masing kandidat menyampaikan visi dan misi serta program yang akan dilaksanakan jika terpilih menjadi ketua rayon. Setiap anggota memilih 1 kandidat calon ketua rayon dari 3 kandidat yang sudah ditentukan sebelumnya oleh Majelis Pembimbing Santri dan OSWAS. Setelah sesi pemilihan barulah sesi perhitungan suara dilaksanakan dengan disaksikan oleh anggota rayon. Dari sinilah Pondok Ngabar mengajarkan demokrasi ala pondok kepada santri-santrinya, dimana santri memilih dan santri pula yang memimpin.

Adapun nama-nama formatur rayon terpilih sebagai berikut :

A. Rayon Sunan Kalijaga (Ketua : M. Ahdana Bariuzzahma, Sekretaris : M. Fajri, Bendahara : M. Ainul Yaqin)
B. Rayon Sunan Gunung Jati 1 (Ketua : Akbar Dito Nugroho, Sekretaris : Faqih Miftahul Fawaz, Bendahara : Ardhi Yudi Purnama)
C. Rayon Sunan Gunung Jati 2 (Ketua : M. Ma’ruf Amin, Sekretaris : Ridho Kurnia Alam, Bendahara : Muhammad Daffa)
D. Rayon Sunan Ampel (Ketua : Khansa Pradana, Sekretaris : Ilham Aziz, Bendahara : M. Nasrudin)


Formatur yang terpilih ini akan memimpin keorganisasian di rayon masing-masing selama satu tahun ke depan, dengan dibantu bagian lainnya seperti keamanan rayon dan penggerak bahasa rayon. Para pengurus rayon bertanggung jawab atas aktivitas para santri yang ada di rayon dan membimbing anggotanya. Kepemimpinan ketua rayon yang terpilih tidak hanya bagi anggota rayon kelas 1 sampai 4 namun juga bagi seluruh pengurus rayon dari kelas 5 lainnya. (Sazali)