Adab dan Semangat, Kunci Sukses Santri Ngabar

 2018-12-11 11:20


Adab dan Semangat, Kunci Sukses Santri Ngabar

Pondok NgabarAl Adaabu Asaasun Najaahi, Adab adalah sebuah kunci kesuksesan. Tidak heran dalam lingkungan pesantren, santri selalu di gembleng dalam penanaman adab dan akhlak sebagai pondasi di era millennial yang banyak menimbulkan tantangan pada santri. Terlebih dengan kemajuan teknologi yang mempermudah seseorang melakukan apa saja.


Begitulah Ayahanda Ust. Drs. KH. Moh. Ihsan, M.Ag memberikan wejangan kepada santri untuk memulai kembali belajar di Pondok Ngabar setelah 10 hari berlibur. Wejangan dengan tema adab selalu disampaikan untuk memberikan pondasi akhlak kepada santri untuk menuntut ilmu. Adab yang meliputi berbagai hal, adab pada guru, buku, dan ilmu menjadi point penting kesuksesan santri belajar di pondok pesantren.


Beliau mengisahkahkan tentang ketaatan seorang santri kepada sang Kyai. Dari kisah tersebut Kyai Ihsan menyimpulkan kepada seluruh santri bahwa adab dan ketaatan seorang santri lebih mulia daripada orang yang sangat berilmu namun minim ketaatan dan adab kepada guru.


“Ada tiga orang tua yang harus kita taati dan dari ketiganya itu terdapat barokah, yaitu orang tua kandung, guru dan orang yang mendidik kita.” Jelas Kyai Ihsan saat pembukaan aktivitas pada (6/12/18)


Kunci sukses berikutnya ialah seorang santri harus senantiasa menjaga semangat dalam mencari ilmu. Menuntut ilmu membutuhkan kesabaran dan motivasi yang tinggi. Penuntut ilmu hari ini jauh lebih beruntung dibandingkan dengan berbagai kesulitan yang dihadapi para penuntut ilmu zaman dahulu.


“Semangat untuk menuntut ilmu juga suatu pendorong yang kuat dalam penguasaan ilmu tersebut. Teruslah semangat mencari ilmu sampai kapanpun tidak dibatasi oleh waktu maupun hal-hal lain.” Ujar Kyai Ihsan dalam menyemangati santri-santri saat itu. (Sazali)