Kontingen Pramuka Ngabar Raih Juara Umum di Unida Gontor

 2018-02-01 09:15


Kontingen Pramuka Ngabar Raih Juara Umum di Unida Gontor

Ponorogo- Ahad (21/1) Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar (Pondok Ngabar) mengirimkan delegasi kontingen pramuka yang berjumlah 10 santri dari Pramuka Penegak dan 3 Asatidz pembimbing dalam perlombaan pramuka Rover Scout Championship 2018  yang diadakan oleh Racana al-Farabi Universitas Darussalam (Unida) Gontor.

Event tingkat regional ini diikuti oleh kontingen Pondok Ngabar, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Ponorogo, Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Ponorogo, dan Pondok Pesantren KH. Syamsudin. Dalam kegiatan ini, kontingen Pondok Ngabar berhasil memperoleh predikat Juara Umum setelah memenangkan berbagai perlombaan, di antaranya adalah latihan Keterampilan Baris Berbaris (LKBB), tilawah, video pendek, transfer berita pendek, dance country, dan teknologi tepat guna.

Dalam perlombaan teknologi tepat guna, kontingen Pondok Ngabar membuat mini vacum cleaner dengan memanfaatkan botol air mineral bekas, dinamo, baterai dan kipas kecil. Alat tersebut dapat menyedot partikel-partikel kecil seperti potongan kertas, sehingga mampu membersihkan kotoran yang yang sulit dijangkau. Selain sangat bermanfaat, bahan baku pembuatan mini vacum cleaner juga mudah diperoleh dan dapat dirakit dengan mudah.

Atas prestasi yang diperoleh, kontingen Pondok Ngabar diganjar dengan uang pembinaan dan tropi juara umum. Semoga prestasi ini dapat memberikan motivasi bagi para santri agar berprestasi dalam berbagai bidang, khususnya di bidang kepramukaan. (Fran, Amir)