BMT Ngabar Resmi Beroperasi

 2017-10-12 00:34


BMT Ngabar Resmi Beroperasi

Pondok Ngabar. Yayasan Pemeliharaan dan Pengembangan Wakaf (YPPW-PPWS) telah berupaya memproses pendirian BMT Ngabar sejak bulan April 2017 hingga akhirnya diresmikan pada 25 Mei 2017 dengan Akta Notaris Dyah Antarukmi P. SH., M.Hum., M.Kn. Nomor 04 tanggal 15 Mei 2017, serta Izin Legalitas SK. Kementrian Koperasi & UKM Nomor 004503/BH/M.KUKM.2/VI/2017. Namun demikian, Pasca peresmiannya, BMT Ngabar tidak langsung beroperasi karena bersamaan dengan libur Ramadhan.

Sepanjang masa libur Ramadhan dan Idul Fitri dimanfaatkan untuk menyiapkan seluruh kebutuhan BMT Ngabar, mulai dari pematangan konsep; produk-produk; pematangan SDM dengan mengirim pengelola BMT Ngabar untuk menjalani pelatihan operasional dan manajemen di BMT Beringharjo Jogjakarta; hingga hal-hal teknis seperti buku tabungan, dll.

Setelah semua persiapan operasional dianggap cukup memadai, kini BMT dengan motto “Mandiri dan Berkah” ini mulai beroperasi pada hari Kamis, 10 Agustus 2017. Beroperasinya BMT Ngabar mendapat respon positif dari berbagai kalangan. Tidak hanya dari kalangan pondok pesantren, namun juga dari kalangan masyarakat. Terhitung sejak mulai beroperasi hingga hari ini (31/8) tercatat ada 60 anggota terdaftar dengan asset lebih dari Rp.140.000.000,-

BMT Ngabar menawarkan beberapa produk simpanan, diantaranya Simpanan Berkah; Simpanan Mandiri; Simpanan Mandiri Santri dan Pelajar; dan Simpanan Mudharabah Berjangka (Deposito). Adapun produk pembiayaan yang ada disediakan ialah, Ijarah; Musyarakah; Mudharabah; Rahn; dan Qardhul Hasan.

Selain itu, BMT Ngabar juga Melayani Payment Point Online Bank (PPOB) yang mencakup Pembayaran Token Listrik, Pembelian Pulsa HP, Pembayaran Tagihan Telkom, Tagihan PDAM, Pembayaran BPJS, Pembelian tiket Pesawat, Tiket Kereta, TV kabel, leasing dll.

Demi tercapainya pelayanan yang prima, BMT Ngabar membuka diri bekerjasama dengan berbagai instansi, termasuk bank umum syari’ah. Terhitung sejak awal Agustus 2017, BMT Ngabar kedatangan tamu dari BNI Syariah, BRI Syariah, dan PT. Kekal pada 18 dan 31 Agustus 2017. Semua itu dimaksudkan untuk memberikan layanan terbaik dan kemudahan akses bagi seluruh anggota dan calon anggota BMT Ngabar.

Kerjasama sinergis dengan bank umum syari’ah berupa penerapan virtual account (VA) untuk memudahkan transaksi dari dan ke BMT Ngabar; PPOB; serta kerjasama strategic berupa pembiayaan model channeling dan executing bagi para guru dan masyarakat sekitar.

Dalam menjalankan kegiatan keuangan syari’ahnya, BMT Ngabar selalu berkomitmen pada nilai-nilai spiritualitas, profesionalisme, kejujuran, kehormatan, kerukunan, dan kerjasama. Sehingga, diharapkan BMT Ngabar dapat menjadi lembaga keuangan syariah yang unggul dan turut serta dalam memajukan ekonomi umat tanpa riba. (Bahar)

 

Informasi lebih lanjut silahkan unduh brosur BMT Ngabar di sini