Permudah Komunikasi Santri Dengan SmartCall

 2017-09-06 21:37


Permudah Komunikasi Santri Dengan SmartCall

Pondok Ngabar. Sebagai lembaga pendidikan pesantren, Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar (Pondok Ngabar) tidak memperkenankan penggunaan alat telekomunikasi handphone untuk para santri. Namun demikian, bukan berarti santri tidak diperkenan untuk berkomunikasi dengan keluarga dan sanak saudara. Pondok Ngabar berusaha memperbaiki sistem komunikasi massal yang efektif dan efisien untuk para santri bekerjasama dengan Amerta Semesta Nusantara yang menghadirkan sistem Smartcall Santri.

Penerapan sistem ini telah disetujui oleh Pimpinan Pondok berdasarkan musyawarah dan presentasi dari pihak perusahaan yang dilaksanakan pada Jumat (21/7/2017) di mini hall Pondok Ngabar.

Pengadaan alat Smartcall Santri di Pondok Ngabar ditetapkan sebagai wakaf perusahaan untuk pesantren. Sehingga, seluruh pengadaan tidak dipungut biaya dan cukup dengan membeli voucher sesuai kebutuhan santri.

Sistem penggunaan Smartcall Santri mirip dengan Warung telekomunikasi (Wartel) pada umumnya. Hanya saja, sistem ini menggunakan pulsa prabayar yang terdapat pada masing-masing id telepon santri. Voucher bisa dibeli di koperasi pelajar atau pengurus wartel. Pulsa prabayar senilai Rp. 5.000 dapat digunakan untuk 10 menit dan Rp. 10.000 untuk 20 menit bicara.

Untuk saat ini Pondok Ngabar memiliki 8 perangkat telepon, 4 perangkat berada di komplek asrama putra dan 4 perangkat komplek asrama putri dengan waktu penggunaan yang telah ditentukan oleh Majelis Pembimbing Santri. Dengan demikian, diharapkan komunikasi para santri dengan keluarga berjalan dengan baik tanpa menyalahi disiplin pesantren. (Aziz S)