Melangkah

 2017-08-30 05:45


Melangkah

Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menciptakan hidup ini dengan penuh warna. Ada sedih dan bahagia, ada pula tangis dan tawa. Sang pencipta tidak pernah menjanjikan langit selamanya biru. Namun satu hal yang pasti, setelah hujan reda pasti akan selalu tampak pelangi yang indah. Bukan perkara bagaimana kita gagal atau menghadapi masalah, namun yang terpenting adalah bagaimana kita bisa bangkit dari setiap kegagalan dan mulai melakukan hal-hal baru lagi dengan energi yang lebih kuat. Pada kenyataannya, ada begitu banyak manusia yang dengan mudah memvonis dirinya sendiri dan sekaligus memastikan bahwa dia tidak bisa melakukan apa-apa. Sekali lagi, keberhasilan bukan diukur dari posisi yang telah dicapai seseorang dalam kehidupan, melainkan dari rintangan-rintangan yang dihadapi.

Manusia diberi akal, hati dan dorongan oleh Allah untuk bangkit dari setiap kegagalan. Tidak ada masalah yang terlalu besar untuk dihadapi, tidak ada langkah yang terlalu panjang untuk dijalani, dan tidak ada orang yang terlalu sulit untuk dihadapi, ketika kita mampu menyikapi setiap peristiwa dengan hati yang jernih dan kepala yang dingin. Kata filsuf, "kita tidak akan pernah bisa mengukur tingginya sebuah gunung, hingga kita sudah berada di puncaknya, dan mengatakan bahwa sebenarnya gunung ini tidak seberapa". Jangan pernah menyerah sebelum pernah mencoba. Kakuatan terbesar untuk menyelesaikan pekerjaan adalah pada saat kita berani untuk memulainya. Bukankah seribu langkah dimulai dari langkah pertama?

Acapkali kerumitan dari sebuah masalah disebabkan oleh ketidakmampuan kita untuk berpikir positif. Orang yang tidak mampu berpikir positif biasanya cenderung memandang segala sesuatu dengan penuh syak wasangka, dan mereka-reka segala apa yang belum terjadi. Sayangnya, rekaan itu selalu saja tidak berupa hal yang menyenangkan. Sebaliknya, yang terbayang hanyalah hal-hal yang sulit dan menyusahkan. Sejatinya kebahagiaan yang kita cari-cari itu sangat bergantung pada sikap kita sendiri. Karenanya, setiap ada masalah datang, carilah penyebabnya dari dalam diri kita terlebih dahulu. Melihatlah ke dalam diri kita sendiri maka akan tampak solusi. Berpikir positif dan kreatif terhadap masalah apapun yang kita hadapi.

Dalam hukum ketertarikan "Law of Attraction" yang ditulis oleh Michael J Loasier diterangkan bahwa segala sesuatu yang kita pikirkan fikirkan dengan segenap perhatian, energi, dan konsentrasi, baik itu yang positif atau negatif maka itu yang akan menjelma menjadi kenyataan. Bila kita selalu berpikir dan mengembangkan aura atau getaran positif, maka kemestri jagad raya ini pun akan mendorong hal-hal yang positif dapat terwujud. Ada dorongan kuat, sebuah energi yang menjadikan nyata. Dan begitu pula sebaliknya, fikiran negatif hanya menghasilkan hal yang buruk terjadi. Jadikanlah hidup ini indah dan penuh warna. Selamat berjuang. (Ustadz H. Mohammad Zaki Su'aidi)